Keyakinan kelas dipilih karena setiap tindakan atau perilaku yang kita lakukan di dalam kelas dapat menentukan terciptanya sebuah lingkungan positif. Perilaku warga kelas tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang akhirnya membentuk sebuah budaya positif.
SMP Negeri 1 Gondanglegi membuat keyakinan kelas yang dibentuk berdasarkan nilai- nilai yang ada pada PPP (Profil Pelajar Pancasila) dan PAK (Pendidikan Anti Korupsi), karena keduanya saling terhubung dan berkaitan, yaitu sama- sama memiliki nilai yang memerdekakan murid dan membuat murid kearah disiplin yang lebih baik
Dimana Keyakinan Kelas memiliki:
A. Pengertian
Keyakinan kelas adalah salah satu disiplin positif yang bisa kita terapkan dalam membangun budaya positif di sekolah yang bertujuan mewujudkan pendidikan yang berorientasi kepada profil pelajar pancasila
B. Tujuan
• Menumbuhkan budaya positif dengan kesepakatan kelas
• Mengimplementasikan keyakinan kelas dalam kehidupan sehari- hari
• Menumbuhkan pembiasaan positif murid di kelas/ di sekolah
• Menumbuhkan sikap kejujuran, kemandirian, dan disiplin diri
• Menumbuhkan sikap tanggung jawab pada murid
• Menumbuhkan rasa saling menghargai diri sendiri dan orang lain
C. Fungsi
• Melibatkan murid dalam membentuk keyakinan kelas untuk mencapai kelas impian bersama guna pembelajaran yang efektif
• Agar murid mampu berfikir, bertindak dengan merdeka, mandiri dan tanggung jawab
• Mewujudkan merdeka belajar yang berpihak pada murid
D. Manfaat
• Memunculkan disiplin diri murid/ motivasi intrinsik
• Murid merasa dihargai dan tidak terbebani
• Murid merasa ikut andil terhadap keamanan bahkan kesuksesan kelas/ sekolah karena dilibatkan dalam berbagai kesempatan
• Murid memiliki sikap positif percaya diri tinggi
• Murid menjadi bertanggung jawab
• Murid merasa aman dan nyaman berada di kelas/ di sekolah
E. Siapakah Targetnya?
Targetnya adalah peserta didik/ seluruh murid SMP NEGERI 1 Gondanglegi
F. Kapankah pembuatan?
• Setiap tahun ajaran baru dimulai
• Setiap ada program yang dicanangkan
• Dibuat oleh Guru matpel masing- masing untuk mengefektifkan pembelajarannya
G. Dimana dan kapan pelaksanaannya?
• Disetiap kelas SMP Negeri 1 Gondanglegi
• Setelah pembuatan selesai dan disahkan Bersama
• Pembiasaan dituliskan dan dibaca oleh semua murid pada saat mengucapkan “Janji Siswa”
• Setiap upacara bendera hari senin
• Dilakukan oleh setiap Guru mata pelajaran untuk membuat dan mengingatkan akan kesepakatan yang dibentuk untuk mengefektifkan pembelajarannya
H. Mengapa keyakinan kelas dibuat?
Keyakinan kelas dibuat agar murid mengetahui tugas dan kewajibannya sebagai seorang pelajar, dan memberikan rasa aman untuk semua murid ketika berada di kelas/ di sekolah
I. Bagaimana proses pembuatan keyakinan kelas?
• Orientasi kepada murid tentang pentingnya kesepakatan kelas dan konsekuensi yang logis bagi pelanggarnya
• Mensepakati waktu diskusi kelas
• Guru pendamping memimpin diskusi terkait kesepakatan
• Guru menampung ide, gagasan maupun masukan terkait dengan hal yang akan disampaikan
• Penulisan kesepakatan dan konsekuensi tentang apa yang ingin dicapai pada kelas/ sekolah impiannya sesuai dengan kriteria PAK dan PPP
• Umpan balik harus dilaksanakan
• Hasil diskusi disimpulkan
• Poster dirancang untuk kesepakatan
• Hasil rancangan poster disampaikan
• Rancangan poster dievaluasikan
• Konsekuensi jika ada kesepakatan yang dilanggar perlu diputuskan
• Mengevaluasi kembali kesepakatan
• Hasil keyakinan kelas yang telah disepakati dengan siswa wajib disosialisasikan
• Pelaksanaan
J. Dampak keyakinan kelas?
Terwujudnya budaya positif dilingkungan kelas/ sekolah. Budaya positif merupakan bentuk dari nilai- nilai atau keyakinan universal yang diimplementasikan di Sekolah
Disini kita mengambil kriteria / nilai - nilai dari PAK (Pendidikan Anti Korupsi) dan PPP ( Profil Pelajar Pancasila)
K. Tolak Ukur
• Peserta didik mampu membuat keyakinan kelas dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari
• 80% peserta didik menerapkan keyakinan kelas
• Kejadian yang tidak menyenangkan/ suasana yang tidak aman dan tidak nyaman hanya terjadi maksimal lima kali perhari diseluruh kelas 7,8,9
L. Linimasa Tindakan yang dilaksanakan
1. Membuat survey singkat/ pengamatan untuk merumuskan keyakinan kelas
2. Merumuskan program “pembiasaan” untuk menanamkan budaya positif “Keyakinan Kelas”
3. Melaksanakan program
4. Melakukan pengamatan dan pemantauan
5. Mengadakan kegiatan refleksi dan tindak lanjut
M. 9 Nilai PAK dan 6 Nilai PPP
• 9 Nilai yang terkandung dalam PAK/ Pendidikan Anti Korupsi
1. Jujur
2. Mandiri
3. Disiplin
4. Tanggung Jawab
5. Peduli
6. Kerja Keras
7. Sederhana
8. Berani
9. Adil
• 6 Nilai yang terkandung dalam PPP/ Profil Pelajar Pancasila
1. Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
2. Mandiri
3. Berkebhinekaan Global
4. Bergotong Royong
5. Bernalar Kritis
6. Kreatif
N. Contoh Kesepakatan Kelas dan konsekuensi logis di lingkungan SMP NEGERI 1 GONDANGLEGI
• Kesepakatan Kelas mencerminkan nilai- nilai yang terkandung dalam PAK dan PPP seperti kejujuran, kemandirian dll
• Konsekuensi logis dibuat bagi yang melanggar kesepatan yang sudah dibuat dengan tidak memberikan hukuman fisik, jadi konsekuensinya harus logis, contohnya seperti membuat pantun, menghafal Pancasila atau UUD 1945 dll