Friday 21 March 2014

Manfaat dan Khasiat Jeruk nipis

Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

clip_image002

Jeruk Nipis ( Citrus aurantifolia) telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Buahnya yang berasa pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi khasiat dan manfaatnya sangatlah beragam.

Menurut penelitian oleh dr. Setiawan Dalimartha, anggota SP3T ( Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional ) DKI Jakarta, air buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyebar, bahan pembuat asam sitrat, seta membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor. Dan bisa juga sebagai campuran jamu.

Khasiat jeruk nipis juga bisa sebagai herbal alami. Jeruk nipis berkhasiat untuk menyembuhkan batuk, sebagai peluruh dahak ( mukolitik ), peluruh kencing ( diuritik ) dan keringat, serta dapat membantu proses pencernaan.

Selain itu khasiat jeruk nipis yang lain ini ternyata mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga sebagai flavonoid seperti pocirin, hesperidine, rhoifolin, dan naringin. Kandungan buah jeruk nipis yang masak adalah synephrine dan N-methylramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1 dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

Hj. Sarah Kriswanti, herbalis yang tinggal di Bandung, dan Dr. Setiawan Dalimartha dari Hiptri ( Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia ), memberikan tips bagaimana memanfaatkan jeruk nipis sebagai herbal yang membantu penyembuhan penyakit.

Khasiat air jeruk nipis.

Air jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk membuat kaku kocokan putih telur Anda. Masukkan beberapa tetes air jeruk ke dalam kocokan putih telur. Kocokan putih telur Anda akan cepat menjadi kaku.

Khasiat air jeruk nipis juga dapat menghilangkan noda-noda minyak pada kaca/cermin sehingga kaca Anda menjadi terang.
Selain itu juga khasiat air jeruk ini dapat dicampurkan kedalam rendaman cucian. Cucian Anda bukan hanya menjadi harum, tetapi juga menjadi cemerlang.

Khasiat jeruk nipis yang terakhir adalah dapat dijadikan sebagai obat batuk. Dengan cara menambahkan air jeruk nipis dengan satu sendok madu lalu kemudian di minum.

TANAMAN TOGA SPENSAGI

1.Tempuyung : Sonchus Arvensis

2.Daun Dewa : Gynura Segetum

3.Tapak Liman : Elephantopus Scaber

4.Mahkota Dewa : Phaleria Macrocarpa

5.Rossela Merah : Hisiscus Sandariffa

6.Keji Beling : Stribilanthes crispus

7.Sirih : Piper Betle

8.Gingseng Jepang : Panax Japonicum

9.Daun Syaraf : Hemiqrophis Althematea

10.Jinten Putih : Cuminum Cyminum L

11.Kunci Petet : Kaempferia Angustifolia

12.Temulawak : Curcuma Xanthorhizaroxb

13.Lidah Buaya : Aloe Vera

14.Serai : Cymbopagon Nardus L

15.Garut : Moranta Arundinalea L